Minggu, 28 April 2013

Makanan-Minuman Pemicu Sakit Ginjal

Fried Eggs Sunny Side Up with Bacon in Cast Iron Skillet
Apabila biasanya Anda terlalu bebas memilih menu makanan yang akan disantap, ada baiknya mulai sekarang lebih teliti lagi dalam menentukan apa yang hendak Anda makan. Karena tidak menutup kemungkinan, adanya bahaya yang bersembunyi di balik semua makanan enak yang tak ayal menjadi menu favorit Anda tersebut.
Seperti beberapa menu menggiurkan di bawah ini, yang ternyata tidak ramah bagi kesehatan ginjal kita. Tak ada salahnya, bagi kita yang masih sehat untuk mengetahui apa saja makanan enak yang dapat memicu gangguan ginjal, dan mulai sedikit menguranginya dari sekarang.
Jengkol
Bagi sebagian orang, menu makanan yang satu ini termasuk ke dalam menu favorit mereka. Namun, tak sedikit pula yang enggan menyentuhnya dengan alasan bau tidak sedapnya yang tertinggal di dalam mulut. Padahal, ternyata ada alasan lain yang lebih penting untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi jengkol, yakni karena makanan ini mengandung asam jengkolat atau istilah latinnya jengkolic acid. Dan di dalam ginjal, asam ini bisa mengkristal dan membentuk batu ginjal.
Es Teh
Minuman yang jamak dipesan pada saat jam makan siang ini, memang paling ampuh untuk menghilangkan dahaga sekaligus menjadi pasangan setia menu santapan kita. Ada yang memesannya manis, dan tersedia pula dengan rasa yang tawar namun tetap menyegarkan. Wajar, bila es teh menjadi primadona di warung-warung makan. Namun, tidak dianjurkan untuk berlebihan mengkonsumsinya, karena sebuah penelitian menemukan adanya kandungan oksalat yang terdapat pada teh. Oksalat adalah salah satu senyawa yang bisa memicu pembentukan batu ginjal.
Telur
Telur memang sangat kaya akan kandungan proteinnya, terutama pada putih telurnya. Bagi Anda yang sehat, tentunya tidak akan menjadi masalah untuk mengkonsumsinya secara rutin dan dalam jumlah yang banyak. Hanya saja perlu Anda ketahui, protein merupakan salah satu nutrisi yang sulit disaring oleh ginjal. Nah, bagi Anda yang sudah divonis menderita gangguan fungsi ginjal, ada baiknya untuk membatasi mengkonsumsinya.
Petai
Sama seperti telur yang kaya akan protein, petai juga mengandung asam amino yang merupakan salah satu penyusun protein. Senyawa ini juga sulit disaring oleh ginjal, sehingga mengkonsumsi petai terlalu berlebihan bisa berbahaya bagi Anda yang memiliki gangguan pada fungsi ginjal.
Makanan Kalengan
Selain banyak mengandung bahan pengawet dan bahan tambahan yang tidak terjamin kesegarannya, menjadikan makanan kaleng kurang sehat bila dikonsumsi terlalu sering. Salah satu kandungan yang tidak sehat, adalah garam natrium. Bahaya garam natrium bagi penderita ginjal adalah, ia bisa memperparah kondisi gangguan fungsi ginjal. Namun tak ada salahnya, bila Anda yang masih sehat juga sedikit cermat dalam memilih apa yang hendak dimakan dan menghindari makanan yang kira-kira bisa memicu berbagai macam penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar