Minggu, 28 April 2013

Manfaat Mandi Dengan Air Dingin

mandi air dingin
Sedikit malas memang, saat harus bangun pagi dan mengawali hari dengan mandi air dingin. Bahkan, mandi dengan air dingin seringkali dijadikan kambing hitam timbulkan berbagai penyakit seperti flu, pilek, pusing, dan nyeri. Padahal, banyak sekali manfaat yang didapatkan dari mandi dengan air dingin seperti yang dilansir dari Daily Mail. Selain menjadikan badan lebih segar, mandi dengan air dingin ternyata mampu menangkal berbagai gejala seperti yang dituduhkan sebelumnya.
Tangkal Bakteri & Kuman Penyakit
Sebuah penelitian menyebutkan, mandi dengan air dingin akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Vijay Kakkar, pendiri Trombosis Research Institute di London, menunjukkan bahwa air dingin meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang produksi sel kekebalan tubuh.
Teorinya adalah, ketika tubuh mencoba menghangatkan diri selama dan setelah mandi air dingin, tingkat metabolismenya akan dipercepat sehingga sistem kekebalan tubuh juga akan aktif. Akibatnya, tubuh akan lebih banyak melepaskan sel darah putih yang penting untuk melawan kuman penyakit.
Usir Nyeri
Di Cina, ada salah satu jenis pengobatan dengan menggunakan media es yang disebut akupresur es. Pengobatan ini mirip dengan akupuntur, namun tidak menggunakan jarum seperti akupuntur pada umumnya, dan menggantinya dengan es. Caranya, es diletakkan pada titik-titik penting di tubuh. Meskipun bukti medisnya kurang begitu jelas, teknik ini dapat mengurangi rasa sakit pada beberapa orang.
Meringankan Cedera
Para ahli fisioterapi dan olahragawan telah lama mengetahui efek penyembuhan dengan menggunakan es, namun bukti medisnya baru ditemukan akhir-akhir ini. Biasanya cedera olahraga ditangani dengan segera menempelkan es ke daerah yang terluka selama 10 – 30 menit.
Bukti penelitian akhirnya menunjukkan bahwa es dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan secara signifikan, namun harus dilakukan segera setelah cedera terjadi. Apabila penanganan saat peradangan terlalu lama dan kerusakan jaringan sudah terjadi, maka cara ini tidak akan banyak berguna.
Membantu Meringankan Migrain
Migrain diduga disebabkan karena terjadinya penyempitan dan pelebaran pembuluh darah secara tiba-tiba, sehingga menyebabkan darah mengalir berlebihan. Ternyata, es dapat membantu orang yang menderita migrain. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengompres air dingin ke kepala, dapat membantu mengurangi rasa nyerinya.
Pada tahun 2006, para peneliti di Turki menemukan bahwa pasien migrain yang diobati dengan terapi dingin akan berkurang rasa nyerinya secara signifikan. Hal itu karena, es dapat membantu menyempitkan pembuluh darah yang memasok otak.

Sumber : http://mensjourneyid.com/ini-dia-manfaat-mandi-dengan-air-dingin/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar