Kamis, 13 Juni 2013

3 Hal Penting yang Dilakukan di Facebook Sebelum Traveling

Jakarta - Jejaring sosial bisa menjadi media berbagi momen ataupun menemukan teman lama. Tak cuma itu, Facebook juga bisa membantu melancarkan liburan Anda, asal tahu caranya. Berikut 3 hal pentingnya!

Banyak kasus kejahatan yang terjadi di Facebook namun bukan berarti jejaring sosial yang satu itu tidak aman sama sekali. Asal tidak terlalu mudah percaya dan terbuka pada orang atau teman di dunia maya, media sosial bisa jadi hal yang sangat membantu. Dari Matador Network, Rabu (17/4/2013) inilah 3 hal penting yang dilakukan di Facebook sebelum traveling:

1. Tulis status Facebook yang tepat

Sekadar menulis rencana perjalanan Anda di status Facebook bisa sangat berguna untuk kelancaran liburan. Jangan menulis yang terlalu rinci, dan jangan juga menulis keadaan Anda yang bisa terkesan rentan.

Tulis saja Anda akan berlibur ke sebuah negara atau paling maksimal kota tujuan. Memberi detail terlalu banyak malah akan membahayakan Anda. Dengan mengupdate ke mana Anda akan pergi liburan, informasi tak disangka pun bisa berdatangan.

Kebanyakan pengguna Facebook tidak terlalu menyadari siapa saja yang jadi temannya. Di sinilah gunanya update. Dengan begitu, teman-teman Anda bisa merespon mengenai tujuan liburan. Bisa saja teman lama Anda ternyata tinggal di kota tujuan.

Tak jarang juga dari para pengguna Facebook yang kopi darat dengan temannya saat liburan ke suatu tempat. Di sinilah keuntungannya. Anda bisa bertemu dan mendapat informasi menarik mengenai destinasi liburan dengan teman Facebook.

Kadang, Anda bisa dapat bantuan dari teman yang selama ini hanya jadi teman pasif. Yang harus diingat, pastikan Anda berada di tempat umum jika ingin bertemu dengan orang baru. Serta, tingkatkan keamanan diri apalagi saat bertemu seorang diri.

2. Gunakan halaman pencarian

Banyak hal yang bisa dilakukan di dalam boks pencarian Facebook. Salah satunya adalah menemukan halaman Facebook resmi milik sebuah kota. Seperti contoh, saat mencari kota Bangkok, akan keluar informasi mengenai teman Anda yang pernah melancong ke sana.

Bahkan lebih baik, ada juga informasi mengenai orang-orang yang Anda kenal yang tinggal atau sedang belajar di kota tersebut. Dengan begini, kemungkinan mendapat informasi terpercaya pun lebih besar.

Mereka bisa memberitahu di mana penginapan yang nyaman atau murah. Mereka juga bisa memberi daftar destinasi wisata yang mungkin lebih keren dan belum banyak diketahui orang lain.

3. Mencari teman baru

Jika tidak ada teman yang tinggal di tempat tujuan liburan Anda, jangan ragu mencari teman baru. Ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya, mencari tahu dari teman Anda, apakah mereka punya teman yang tinggal di kota yang akan jadi tempat liburan Anda.

Tak jarang dari mereka yang dengan baik hati menawarkan menemani berkeliling kota, jika mereka ada waktu. Carilah teman yang kira-kira supel dan mudah bergaul dengan orang baru. Karena ada beberapa orang yang tertutup dan tidak suka ditanya mengenai banyak hal.

Agar tidak terlalu kaku, sesekali adakan perbincangan sebelum pertemuan. Anda bisa mencari teman baru maksimal seminggu sebelum berangkat liburan. Dari sana, Anda bisa mengenal teman baru dengan lebih baik.

Dalam jangka waktu maksimal seminggu sebelum keberangkatan, Anda bisa mencari banyak informasi mengenai kota tujuan Anda dari kacamata orang lokal. Jangan heran jika itinerary Anda berubah karena mendapat info objek wisata yang lebih asyik. Namun, jika teman baru dirasa mencurigakan, jangan ragu untuk menghentikan pembicaraan.

sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar