Jumat, 14 Juni 2013

Contoh Paragraf Generalisasi, Analogi, dan Kausalitas

Paragraf Generalisasi merupakan  paragraf yang isinya menarik kesimpulan berdasarkan data yang sesuai dengan fakta

Contoh Paragraf Generalisasi :

Untuk mendapatkan komputer dengan kinerja yang memuaskan, kita wajib membeli hardware dan meng-upgrade software dengan baik. Bukan hanya itu saja, semua komponen komputer haruslah dirawat dengan baik agar tidak terjadi kerusakan. Dan pemakaian komputer haruslah baik, mulai dari penataan cahaya, suhu udara dan lama komputer dalam keadaan aktif. Jangan sampai komputer dalam keadaan menyala, tetapi tidak diakses. Jadi, untuk mendapatkan kinerja maksimal, memuaskan dan awet kita harus benar-benar memperhatikan komputer kita.
 
Paragraf Analogi merupakan penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaannya. Berdasarkan persamaan kedua hal tersebut, kita dapat menarik suatu kesimpulan.
 
Contoh Paragraf Analogi :
 
Peternakan merupakan aspek perekonomian yang penting dan menjanjikan. Selain dapat menjadi lahan pendapatan, peternakan juga memiliki dampak positif meningkatkan gizi masyarakat. Pengembangan peternakan dapat memenuhi kebutuhan daging warga sehingga negara tidak perlu mengimpor daging dari luar. Pertanian juga merupakan aspek perekonomian yang penting. Pengembangan pertanian dapat memenuhi kebutuhan beras warga sehingga impor dari luar tidak diperlukan.


Paragraf Kausalitas merupakan proses penalaran yang diperoleh dari gejala-gejala yang saling berhubungan. Hubungan kausal ada tiga jenis, yaitu sebagai berikut:
  • Sebab – Akibat.Sebab – akibat ini berpola A menyebabkan B.
  • Akibat – Sebab. Akibat – sebab ini berpola Akibat dari B
  • Akibat – Akibat. Akibat – akibat merupakan penalaran yang menyiratkan penyebabnya, Peristiwa akibat langsung disimpulkan pada akibat yang lain.
Contoh Paragraf Kausalitas :

Tahun 2012 telah berakhir dan kita sudah menyambut tahun 2013. Namun, banyak peristiwa yang telah terjadi pada setahun kemarin. Di penghujung akhir tahun 2012 hujan selalu turun setiap harinya. Derasnya hujan yang turun setiap harinya dan kurangnya lahan yang ada untuk resapan air serta kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, merupakan hal-hal yang memicu terjadinya banjir di sejumlah daerah di Jakarta. Seperti yang dapat kita lihat, di bulan desember 2012 kemarin, banjir kerap melanda sejumlah daerah bahkan di jalan-jalan protokol Ibu kota. Masalah banjir ini selalu saja menjadi masalah bagi kota Jakarta hampir setiap tahunnya.


Sumber :
http://caratikus.blogspot.com/2013/05/contoh-paragraf-generalisasi-lengkap.html
http://dayintapinasthika.wordpress.com/2013/01/02/contoh-paragraf-generalisasi-analogi-dan-kausalitas/
http://susilawatirani.blogspot.com/2012/12/contoh-paragraf-generalisasi-analogi.html
http://jurnalmasbro.wordpress.com/2012/12/12/belajar-mengenal-paragraf-berpola-induktif-generalisasi-analogi-dan-kausal/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar