Kamis, 13 Juni 2013

5 Tips Makan Murah Saat Traveling ke Sumbar

Jakarta - Wisata kuliner pasti jadi agenda wajib setiap traveler yang datang ke Sumatera Barat. Ada banyak rumah makan yang bisa Anda pilih dengan pilihan beragam. Meski begitu, ada trik khusus agar bisa mendapat harga murah.

Dihimpun detikTravel, Selasa (30/4/2013) inilah 5 tips agar Anda bisa makan murah saat traveling di Sumatera Barat:

1. Pilih kios atau warung makan, bukan rumah makan

Harga makanan yang ditawarkan kios makanan tentu berbeda dengan harga makanan yang ada di rumah makan besar. Biasanya, harga seporsi nasi kapau yang ada di warung makan lebih murah ketimbang di rumah makan.

Untuk itu, jika ingin mengirit biaya makan, sebaiknya Anda memilih kios atau warung makan biasa daripada restoran. Biasanya, warung makan semacam ini ada banyak di sepanjang jalan berbagai daerah di Sumatera Barat.

2. Tanya harga makanan

Setelah berada di tempat makan, jangan langsung memilih menu makanan yang akan dipilih. Utamakan untuk bertanya harga makanan masing-masing menu. Ini penting agar Anda bisa memperkirakan berapa uang yang harus dikeluarkan dari menu yang dipilih.

Selain itu, bertanya harga makanan juga penting agar Anda tidak tertipu begitu membayar. Beberapa penjual nakal bisa saja tiba-tiba menaikkan harga makanan, karena Anda belum bertanya sebelum memilih.

3. Gunakan bahasa Minang

Ini adalah hal lain yang bisa Anda untuk menghemat biaya makan, yaitu menggunakan bahasa Minang. Hampir semua orang di setiap daerah, termasuk Sumatera Barat mudah simpati dengan turis yang bisa menggunakan bahasa lokal.

Trik ini pun bisa digunakan untuk menghemat biaya makan. Cobalah berbincang dengan penjual menggunakan bahasa Minang. Biasanya, cara ini cukup ampuh untuk mendapat diskon makan.

4. Ajak kerabat yang masih asal Minang

Jika memiliki kerabat asli Sumatera Barat, ajaklah ia untuk makan bersama. Biasanya, setiap orang punya tempat makan langganan. Melihat Anda datang bersama langganan, penjual bisa saja memberi harga murah. Untuk langganan alasannya.

5. Pilih makan untuk dibawa pulang

Mungkin tak banyak yang tahu, kalau seorang penjual bisa saja memberikan makanan lebih banyak ketika Anda memilih untuk dibawa pulang, ketimbang makan langsung di tempat. Sebagai contoh, kebanyakan penjual akan memberikan 2 potong daging rendang untuk satu nasi bungkus.

Sedangkan, untuk pembeli yang makan ditempat hanya akan diberikan satu potong rendang ketika memilih makan di tempat. Padahal, harga yang diberikan sama. Jadi, Anda bisa mendapat bonus makanan dari penjual ketika lebih memilih untuk membungkus makanan. Lebih murah bukan?

sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar