Jakarta - Memesan kamar hotel via online, kini semakin menjadi
pilihan para traveler. Agar booking Anda tidak menemui masalah, ada
sejumlah hal yang harus diperhatikan. Apa saja?
Booking hotel
online tentunya memberikan banyak kemudahan untuk traveler. Namun bukan
artinya hal tu tidak bisa menimbulkan masalah, ketika kita tidak
hati-hati. detikTravel, Jumat (19/4/2013) menghimpun sejumlah tips
memesan hotel online:
1. Cari situs booking hotel yang terpercaya
Ada
banyak situs booking hotel di internet. Tapi carilah situs yang
terpercaya agar Anda terhindar dari risiko penipuan online alias
scamming. Ada sejumlah situs booking ternama yang selama ini umum
dipakai para traveler.
Misalnya Wego, Agoda, Booking.com dan
Hotels.com. Situs lokal Indonesia juga ada seperti antatour.com,
bookpanorama.com dan Raja Kamar. Beberapa jaringan hotel besar bahkan
mengembangkan situs booking online sendiri khusus untuk jaringan hotel
mereka, misalnya saja accorhotels.com.
2. Baca baik-baik aturan pemesanan
Yang
ini juga penting: baca baik-baik aturan pemesanan. Cek betul apakah
data kartu kredit yang diberikan hanya untuk konfirmasi pemesanan, atau
uang Anda langsung dipotong. Booking.com misalnya, biasanya hanya
menggunakan data kartu kredit untuk konfirmasi pemesanan. Traveler
membayar uang langsung kepada pihak hotel ketika sampai di tempat.
Baca
juga aturan dari pihak hotel terutama urusan pembatalan, apakah uang
Anda dikembalikan atau dipotong. Begitupun aturan menginap, jangan
sampai hotel Anda tidak menerima anak-anak padahal Anda ingin berlibur
bersama keluarga.
3. Cari harga pembanding
Enaknya
banyak situs booking online adalah Anda bisa mencari harga pembanding
untuk hotel yang sama. Situs Wego misalnya menampilkan aneka harga yang
ditawarkan situs booking online lain. Sehingga traveler bisa memastikan
dia mendapatkan harga termurah.
Rajin-rajinlah browsing aneka
situs booking online sebelum Anda menetapkan pilihan. Siapa yang tidak
mau dapat hotel bagus dengan harga miring?
4. Baca testimoni
Jangan
tergiur dengan foto hotel yang dipasang di situs booking online. Banyak
yang kecewa karena aslinya tidak seindah yang ada di foto. Atau,
pelayanan hotelnya buruk, tidak seperti yang diiklankan.
Untuk
itu, rajin-rajinlah baca testimoni orang-orang yang pernah menginap di
sana. Jangan hanya membaca pujian, tapi baca juga kritikan orang yang
kecewa saat menginap di hotel itu. Anda pun bisa mendapatkan bahan
pertimbangan yang cukup sebelum memesan hotel secara online.
5. Rajin update kondisi
Setelah
hotel dipesan, urusan belum selesai. Rajin-rajinlah melakukan update
kondisi baik dengan situs booking atau dengan hotel terkait.
Ini
dilakukan untuk mencegah hal-hal seperti pembatalan kamar secara
sepihak, kesalahan data pemesan, dan lain-lain. Jangan sampai kita
merasa pemesanan kita baik-baik saja, dan baru menyadari ada masalah
ketika kita sudah sampai di lokasi.
6. Bawa kartu kredit
Karena
pemesanan hotel secara online dilakukan dengan kartu kredit, maka benda
ini tidak boleh lupa dibawa untuk check in di kamar hotel. Pihak hotel
membutuhkannya untuk konfirmasi data. Jika Anda memesan dengan kartu
kredit orang lain, Anda bisa meminjamnya jika itu milik anggota keluarga
atau teman baik.
Anda juga bisa membawa fotokopi untuk
ditunjukan kepada pihak hotel. Mungkin pihak hotel akan meminta
konfirmasi pemilik asli kartu kredit, hal itu bisa saja dilakukan.
sumber: detik.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar