Selasa, 07 Januari 2014

Gelombang Ini Bikin Objek Mengapung Secara Gaib

 
VIVAnews - Peneliti Jepang berhasil melawan gravitasi dengan gelombang suara. Secara ajaib, peneliti mampu melayangkan sebuah objek dengan manipulasi gelombang ultrasound yang tak dapat didengar oleh telinga manusia. 

Dilansir Los Angeles Times, Senin 6 Januari 2014, dalam sebuah video ditunjukkan, objek kecil seperti bola Styrofoam mampu bergoyang-goyang. Uji coba objek sepotong kayu dan perangkat elektronik listrik kecil juga berhasil melayang. 

"Telinga manusia dapat mendeteksi gelombang sampai 20 Khz, tetapi kami menggunakan gelombang pemindah 40 Khz yang berada di luar jangkauan deteksi manusia," ujar Yoichi Ochiai, mahasiswa doktoral Universitas Tokyo, Jepang. 

Meski tak dapat mendengar gelombang itu, orang dapat merasakan adanya gelombang itu. Ochiai mengatakan, jika tangan diletakkan di tengah kaca persegi tempat uji coba objek yang melayang, akan merasakan tiupan angin. 

Disebutkan, sebenarnya para ilmuwan telah mengetahui, gelombang ultrasound dapat melayangkan objek sejak 1975 silam. Namun, video yang ditunjukkan peneliti itu menunjukkan gelombang tersebut juga dapat digunakan untuk memindahkan partikel dan benda kecil dalam tiga dimensi. 

"Prototipe ini bertujuan menangani posisi renggang sebuah objek di dunia nyata. Seperti kami memperlakukan data digital di komputer," tambah dia. 

Peneliti mengakui uji coba berhasil memanipulasi objek di dunia digital, tapi untuk mengaplikaskan di dunia nyata tak bisa akibat gravitasi. 

Ochiai mengatakan, teknologi ini disebutkan dapat diterapkan dalam bidang kedokteran, teknik, manufaktur maupun grafis. (art)

Sumber : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/471285-gelombang-ini-bikin-objek-mengapung-secara-gaib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar